TEst Iklaann

Cara Menghilangkan Keloid

cara menghilangkan keloid

Apa itu Keloid?

Keloid adalah benjolan padat di kulit yang merupakan pertumbuhan proliferatif (perbanyakan) dari jaringan fibrosa (jaringan ikat pada kulit) setelah mengalami penyembuhan luka. Keloid dapat terjadi dari bekas luka, jerawat, cacar air, tato (jangan tato kulit anda, tindakan merusak tubuh), atau tindikan telinga. Bahkan, luka ringan, seperti akibat gigitan serangga atau suntikan pun dapat menimbulkan keloid pada orang-orang tertentu. Akan tetapi, keloid dapat juga tumbuh secara spontan tanpa didahului luka atau trauma.

Keloid dapat juga tumbuh secara spontan tanpa didahului luka atau trauma. Keloid berwarna kemerahan atau kecoklatan dan sebenarnya merupakan suatu tumor jinak pada kulit, tidak berbahaya secara medis. Akan tetapi, penderita biasanya merasa terganggu karena kehadiran keloid terasa merusak penampilan, terutama jika keloid muncul pada bagian-bagian kulit yang terbuka seperti wajah, leher, atau belakang telinga, serta ukurannya besar. Keloid juga dapat mengganggu sebab dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan gatal.

Penyebab Keloid 

Penyebab terjadinya keloid diantaranya adalah :
  1. Genetik dan ras
  2. Keloid lebih sering ditemukan pada orang-orang berkulit gelap dibandingkan dengan orang-orang berkulit putih.
  3. Umur
  4. Keloid lebih banyak ditemukan pada anak-anak dan dewasa muda, yaitu usia 10 hingga 30 tahun.
  5. Jenis dan lokasi trauma
  6. Keloid lebih sering terjadi pada peradangan yang lama sembuh dan terjadi pada daerah dengan regangan kulit yang tinggi, seperti dada, bahu, leher, kepala, dan tungkai.

Gejala Keloid

Keloid awalnya kenyal seperti karet, licin, kerap kali terasa gatal, dan nyeri saat disentuh. Lama kelamaan, benjolan tersebut menjadi keras, berbatas jelas, bentuknya tidak teratur, rasa gatal atau nyeri hilang dan berwarna cokelat atau kemerahan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Keloid

Untuk menghilangkan atau mengatasi keloid, harus dilakukan oleh dokter ahli (ahli kulit atau ahli bedah plastik). Metode yang biasanya diterapkan untuk mengatasi keloid, antara lain :
  1. Injeksi kortikosteroid intralesi, yaitu penyuntikan langsung pada permukaan keloid.
  2. Pembedahan atau operasi. Namun, dengan cara ini keloid sulit untuk diangkat secara menyeluruh. Operasi juga dapat menimbulkan keloid baru karena akibat sayatan.
  3. Bedah beku menggunakan nitrogen cair.
  4. Dengan sinar laser
  5. Kompresi, yaitu pemakaian plester yang mengandung hydroactive polyurethane yang dilakukan selama 12 jam sehari secara berturut-turut selama 8 minggu. 
Artikel lain yang perlu anda baca juga : Cara Menjegah Jerawat

Sumber : Semua Rahasia Kulit Cantik dan Sehat : Keen Achroni

Semoga kulit anda lebih terawat setelah membaca artikel bagaimana mengobati keloid.
Cara Menghilangkan Keloid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Umar Danny

1 comment:

penghilang keloid said...

terimakasih atas informasinya.... sangat membantu sekali...
saya juga menyediakan info tentang keloid